Rabu, 14 Juli 2010

SEDIKIT ANALISIS SEMIOTIK


Kata-kata yang terdapat pada iklan diatas hanya “Nivea Hair Care”, ini megaskan bahwa gambar tersebut merupakan suatu produk perawatan rambut yang dikeluarkan nivea. Warna didominasi oleh warna coklat yang merupakan tanah dan rambut yang berwarna pirang. Pada gambar tersebut terdapat tengkorak yang sebagian besar terkubur dalam tanah dan memiliki rambut pirang yang panjang dan bergelombang.
Elemen-elemen tersebut jika direlasikan menandakan bahwa ada mayat yang sebagian besar tubuhnya terkubur didalam tanah sedangkan bagian wajah dan rambutnya berada dipermukaan. Wajah yang sudah berbentuk tulang atau tengkorak menandakan bahwa mayat tersebut sudah lama terkubur. Tetapi rambutnya tetap bagus dan utuh.
Dari bentuk dan warna rambutnya dapat diperkirakan bahwa mayat tersebut adalah seorang wanita. Rambut pirang jika direlasikan dengan wanita menandakan bahwa wanita tersebut adalah wanita yang cantik. Sehingga membuat wanita yang berambut hitam tidak terlihat lebih cantik. Hal ini mungkin menandakan bahwa iklan tersebut hanya cocok untuk wanita-wanita yang memiliki rambut pirang.
Keseluruhan iklan ini menandakan bahwa jika seorang wanita menggunakan produk tersebut, maka rambutnya akan terlindungi dan tetap indah.

5 komentar:

  1. hanya cocok untuk wanita berambut pirang??
    rasis donk
    ahaha

    BalasHapus
  2. karena image rambut pirang sering diidentikkan dengan wanita cantik..
    contoh gampangnya adalah boneka barbie..

    BalasHapus
  3. ah masa??
    banyak ko ce yg rambutnya item cantik juga
    contohnya org2 indonesia
    ahhaa

    BalasHapus
  4. memang..
    tp ini kan image dari sebagian besar orang..
    cantik itu kan relatif..
    hehe

    BalasHapus
  5. ahh..korban iklan

    BalasHapus